Tetep Makan Enak dan Gak Ribet Saat Sahur

 

menu sahur enak praktis

Halo, hai!

Kamu sahur pakai apa hari ini?

Meskipun puasa dan harus bangun pagi, makan tetep harus enak yang ga bikin kepikiran. Tiap orang beda-beda ya jenis dan ukuran makanan yang bikin kepikiran. Meskipun makanannya enak, kadang-kadang menyesal satelah makan, misalnya kebanyakan, terlalu sedikit, atau karena makanan yang kita pilih termasuk dalam golongan makanan yang ingin kamu kurangin konsumsinya. Nah, kali ini aku akan share satu menu sahur yang menurutku enak dan gak bikin kepikiran.

Hari ini aku sahur pakai chicken katsu dan sop ayam sisa buka puasa kemarin. Chicken katsunya sudah dibumbui dan ditepungin malam sebelumnya, jadi kita tinggal goreng aja. Kalau kamu beneran ga pengen repot, ada banyak produk frozen food yang menyediakan chicken katsu juga lho, tinggal goreng aja. Nah aku bikin chicken katsu ini dari fillet paha ayam biar juicy dan ga padet waktu mateng (pakai fillet dada ayam juga oke, kalau kamu lebih suka yang teksturnya padat) .

Resep Chicken Katsu

resep chicken katsu gampang


Bahan :

500 gr fillet paha ayam

Saus tiram secukupnya

2 siung bawang putih haluskan

Lada putih bubuk

Garam secukupnya

Tepung bumbu pedas (terserah sih kalau mau yang biasa, sama-sama enak kok)

Tepung roti

1 btr telur


Cara membuat :

1. rendam fillet paha ayam dalam saus tiram, bawang putih, garam dan lada selama minimal 30 menit. Jadi ini bisa dilakukan siang atau sore hari.

2. Setelah bumbu meresap, siapkan tepung bumbu ayam goreng apa aja (pokoknya bukan tepung pisang goreng ya), tepung roti dan 1 butir telur di wadah terpisah.

3. Balur paha ayam dengan tepung bumbu, kemudian telur dan tepung roti bergantian hingga semuanya tertutup lapisan tepung roti.

4. Karena mau digoreng saat sahur, simpan dulu dalam kulkas

5. Aku menggorengnya pakai teflon aja, dan minyaknya ga banyak. Goreng dengan api kecil sampai paham ayamnya matang dan bagian luarnya terlihat krispi.

6. Sajikan

 

Resep Sop Sayuran

Bahan :

1 paket sayur sop yang isinya wortel, kubis, buncis dan seledri

Kaldu jamur secukupnya

Garam

Lada putih

3 siung bawang putih, iris tipis

4 butir bawang mereh, iris tipis

Secuil mentega

3 gelas air


Cara membuat :

1. Setelah semua sayuran dikupas, dicuci dan diiris iris sesuka hati, termasuk seledri, maka sekarang saatnya memanaskan mentega dalam panci yang akan kamu pakai untuk sop

2. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih, aduk hingga harum. Masukkan lada putih secukupnya, aduk lagi.

3. Masukkan irisan wortel, tumis sebentar, lalu masukkan air. Kecilkan api, tutup, dan masak hingga wortel empuk.

4. Setelah wortel empuk, masukkan buncis dan kubis, kemudian tambahkan garam dan kaldu jamur.

5. Matikan api, masukkan seledri cincang.

6. Sajikan.

 

Karena sop sayurannya aslinya buat buka puasa dan masih banyak sisanya, maka waktu sahur tinggal dipanasi saja, jadi lebih cepet. Hihihi. Kamu juga bisa goreng ayamnya waktu malem, paginya tinggal diangetin dalam teflon tanpa minyak.

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time