Akun Bookish di Twitter dan Instagram Kesukaanku

 

bookish social media to follow

Belakangan ini aku jarang banget nonton youtube, gara-gara aku lagi ketagihan dengerin audiobook dan fokus ikut kelas Orilium Spring Equinox. Biasanya aku dapet info buku-buku seru sekaligus tambahan TBR list baru dari video-video booktuber tersebut. Agak kerasa kurang update sih gara-gara spending most of my free time reading books. Haha. Tapi aku masih sempet dapet info buku-buku yang akan dirilis tahun ini dan ada 3 buku dari series kesayanganku yang mau dirilis di akhir tahun 2022. Gimana caranya aku bisa update info-info perbukuan atau mungkin ikut event seputar buku meskipun udah jarang nonton YouTube? Jawabannya adalah akun-akun perbukuan yang aku follow di twitter dan instagram. Di twitter ada fitur list untuk memasukkan akun-akun tertentu dalam 1 grup sehingga kamu gak ketinggalan tweet terbaru dari akun-akun tersebut. Sungguh praktis dan menyenangkan karena aku gak perlu scroll feed terlalu lama untuk melihat tweet perbukuan terbaru.

 

1. Goodreads (Twitter)

Aku nyari rekomendasi buku-buku baru dari akun ini di twitter. Biasanya di Goodreads kan memang ada artikel-artikel khusus untuk rekomendasi buku berdasarkan genre, age range atau pilihan pembaca, author atau staff Goodreads. Nah, artikel-artikel itu bakal dishare di akun twitter ini juga. Selain itu juga ada update buku-buku baru yang dirilis dalam seminggu, kayak artikel tanggal 19 April ini, bikin aku pengen baca The Memory Librarian: And Other Stories of Dirty Computer by Janelle Monáe.

 

2. Gramedia (bukugpu, gramediadotcom, gramediaebooks) (Twitter dan Instagram)

Akun gramedia memang banyak, gak hanya ketiga akun yang aku sebutkan di atas, tapi yang paling sering aku pantengin updatenya ya ketiga akun tersebut baik di twitter maupun instagram. Kayak hari ini misalnya memperingati hari buku, bukugpu mengadakan giveaway di twitter dan instagram mengenai negara mana saja yang ingin kalian baca terjemahan bukunya. Selain giveaway, aku tahu ada Ngabuburead Gramedia dan Storytel dan event podcast resensi buku ya dari instagramnya gramedia, jadinya aku bisa ikutan deh.

 

3. owlbookstore (Instagram)

Nah kalau kamu suka foto-foto buku yang sudah kamu baca, kamu bisa banget berkolaborasi dengan owlbookstore di instagram agar lebih banyak orang melihat hasil jepretan buku-buku kamu yang cakep. Selain add as collaborator, owlbookstore juga selalu update mengenai buku-buku yang mereka jual dan juga diskon di hari-hari tertentu. Adminnya juga ramah banget, aku nanya apa aja sepanjang apa aja selalu dijawab, hehehe.

 

4. Penerbit Haru (Twitter dan Instagram)

Kalau kamu suka baca-baca buku terjemahan dari author Jepang, maka kamu pasti sudah kenal dengan penerbit yang satu ini. Aku follow akun Penerbit Haru di twitter dan instagram, selain update buku baru, kamu bisa diajak memilih cover mana yang cocok untuk buku baru yang akan terbit, kamu juga bisa ikut giveaway yang diberikan berupa voucher dan paket buku atau juga kamu bisa ikut event review buku yang tentu saja hadiahnya buku-buku menarik terbitan Penerbit Haru.

 

5. mizanfantasi dan penerbitmizan (Instagram)

Penerbit ketiga yang aku follow di instagram adalah mizan fantasi dan penerbit mizan, kalau kamu lihat updateku mengenai Nevermoor series dan bertanya-tanya dimana bisa beli bukunya. Penerbit Mizan Fantasi sudah menerbitkan ketiga buku dalam series Nevermoor ini dalam versi bahasa Indonesia. Selain Nevermoor, ada buku-buku hits Om Rick Riordan mulai dari Percy Jackson sampai Daughter of the Deep, dan yang belum sempet aku baca Realm Breaker karya Victoria Aveyard.

 

6. shainalite (Twitter)

Yang keenam adalah akunku sendiri. Tentu saja akun ini bermanfaat buat aku untuk update buku-buku yang lagi aku baca. Aku biasanya bikin satu thread untuk satu buku dan aku bakal tweet reaksi dan pendapat aku mengenai bagian-bagian menarik dari buku yang aku baca. Aku jarang banget retweet akun-akun lain karena aku gak suka tweet-tweetku tenggelam, jadi isinya sesuai dugaan bakal isinya ocehanku mengenai buku, update blog bertema buku dan juga sesekali foto langit dan pemandangan lainnya biar seger.

 

Jadi itu tadi keenam akun media sosial seputar perbukuan yang bermanfaat buat aku. Kalau kamu sendiri, biasanya update informasi buku baru dari mana?

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time