7 Booktuber (Book Youtuber) Favoritku

 

booktuber favourite

Hi friends! Apa kabar? Karena hari ini temanya adalah 7 rekomendasi blog, aku memutuskan untuk pakai tema bebas yang disediakan di challenge ini karena seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya, aku lagi jarang baca-baca blog dan nonton youtube karena lagi ketagihan dengerin audiobook, hahaha. Tapi karena membaca blog sudah hampir tidak pernah kulakukan rutin setiap minggu, maka aku bakal menyebutkan 7 booktuber favoritku yang update videonya bakal aku tonton kalau aku lagi buka youtube.  Dari para booktuber inilah aku biasanya dapat banyak info buku baru dan rekomendasi buku dengan tema tertentu, selain dari akun-akun media sosial seputar perbukuan yang aku follow.

Meskipun gak semua buku-buku yang mereka sukai juga bakal aku sukai, aku senang bisa menemukan buku-buku baru dan mempelajari kenapa aku tidak menyukai buku yang sama yang sangat disukai orang lain. Biasanya aku bakal lihat buku-buku apa saja yang mereka rekomendasikan, aku bakal dengerin review dan pendapat mereka mengenai buku tersebut jika aku sudah selesai membacanya. Fungsinya sih agar aku mengetahui bagian-bagian mana yang aku fokuskan, dan bagian mana yang tidak begitu aku perhatikan, sehingga mendengar review mereka bakal menyadarkanku apa aja yang sudah aku lewatkan dan bagaimana hal-hal tersebut mempengaruhi pendapatku mengenai sebuah buku.

1. Alexandra Roselyn

Aku dapat banyak rekomendasi buku-buku middle grade dari mbak Lexie ini. Selain middle grade dan fantasy, yang aku suka dari channel ini adalah kreativitas yang disertakan dalam video-videonya terutama untuk produk sponsor. Aku yang biasanya skip bagian paid promotion dalam sebuah video, malah nonton karena seru banget.

2. * e m m i e *

Review apa aja dari channel ini bakal aku tonton karena aku suka suara Emma yang mengingatkanku pada pembaca berita yang aku suka di masa kecilku. Meski buku-buku yang kami sukai banyak yang beda, nonton channel ini memberiku banyak rekomendasi buku asik kayak From Little Tokyo with Love yang ternyata aku suka banget.

3.  a dash of ash

Buku-buku yang lagi dibaca Ashley dan rating yang diberikan banyak yang sama kayak aku, kayak waktu aku lagi heboh Keeper of the Lost Cities, mbak ini juga lagi seru baca series ini dan sampai dibikin reading vlognya. Kita sama-sama suka Keefe! Rasanya kayak nemu kembaran yang terpental jauh ke benua lain. Tapi sejak November tahun lalu, belum ada update video terbaru di channel ini.

4. CarolynMarieReads

Carolyn biasanya rekomendasi Russian Literature terutama yang klasik, terus biasanya setelah nonton videonya Emma dan Carolyn, jiwa membaca buku klasikku jadi hidup kembali.

5. Kanaya Sophia

Mbak Aya biasanya banyak review buku-buku mystery dan thriller baik dari dalam maupun luar negeri, terutama dari Jepang. Aku yang jarang banget baca kedua genre ini jadi tertarik untuk baca buku-buku mystery thriller yang sudah diterjemahkan dan diterbitkan oleh penerbit di Indonesia.

6. BooksandLala

Aku suka cara mbak Kayla mereview buku-buku yang sudah dibacanya, lebih ke arah pengamatan kenapa ini bisa begini dan akhirnya bisa menimbulkan reaksi kayak gini. Tertarik banget buat ikut mbak Kayla buat menantang diri sendiri untuk membaca buku-buku favorit booktuber lain dan menghitung berapa banyak buku yang sama-sama kita sukai.

7. Book Roast

Channel inilah yang menjadi host Orilium readathon yang sedang aku ikuti bulan ini. Mbak G yang berjasa menciptakan readathon yang kayak a whole new world buat aku ini juga gak semua buku-buku yang gak disukai bakal gak aku sukai, atau sebaliknya, tapi dengerin review dari channel ini memberi banyak pengetahuan mengenai buku-buku yang ingin aku baca (karena mbak G tinggal di Eropa, maka biasanya cover bukunya beda dengan versi US – yang biasanya lebih indah, sehingga meski don’t judge a book by the cover, aku bakal tetep judge aka tertarik dengan buku dengan judul sama tapi dengan cover berbeda, hahaha)

 

Nah itu tadi ketujuh booktuber yang sering aku tonton jika aku membuka aplikasi YouTube. Sebenernya masih banyak channel-channel lain yang berjasa memberikan rekomendasi buku-buku seru yang aku masukkan ke 22 Books I want to read this year, kayak Christy Anne Jones, The Book Leo, A Clockwork Reader dan thisstoryaintover yang membantuku menyelesaikan prompt readathon untuk steal someone else’s TBR dengan membaca buku On Earth We’re Briefly Gorgeous yang juga ada di TBR mbak Jananie bulan ini. Kalo kamu gimana? Apa kamu juga punya booktuber favorit?

0 Comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time