Join lailiving Newsletter



[ Inspiration ] Cemilan Lebaran Sehat Buatan Sendiri

June 01, 2019




Idul fitri biasanya identik dengan pembalasan dendam dalam hal makan memakan, dimana kita biasanya kalap melahap apapun yang ada mulai dari makanan berat hingga cemilan. Hal ini tentu saja bisa membuat berat badan naik drastis, atau membuat tubuh jadi tidak sehat karena kalori yang masuk dan kegiatan yang dilakukan tidak seimbang.

Idul Fitri juga biasanya identik dengan berbagai jajanan atau snack kemasan yang beraneka ragam mulai dari yang asin hingga sangat manis dengan kandungan gula maupun garam yang tinggi. Nah, konsumsi gula atau apapun secara berlebihan pastinya tidak baik untuk kesehatan, maka kegiatan makan-makan selama libur lebaran harus kita perhatikan betul.

Menjaga pola makan dan tetap aktif merupakan salah satu cara untuk tetap sehat selama lebaran. Selain itu, kita bisa membuat sendiri cemilan lebaran yang sehat di rumah, yang selain enak juga menyehatkan. Nah berikut ini beberapa inspirasi cemilan sehat yang bisa kita buat sendiri di rumah, untuk lebih lengkapnya, link menuju resepnya ada di caption masing-masing foto ya.

1. Vegan Carrot Cake Bites

Sesuai judulnya ini adalah cake wortel dalam bentuk bites, untuk sekali hap. Dalam bahan-bahannya terdapat kurma, wortel, kayu manis dan kacang mete, yang membuat camilan ini cocok untuk vegetarian.
recipe here


2. Healthy Magic Bars

Masih menggunakan bahan kurma, camilan berbentuk bar yang ini juga gluten-free dan vegan dimana pemanis yang digunakan adalah dari kurma dan sirup maple.
recipe here


3. Raspberry Thumbprint Cookies

Sama seperti kedua camilan sebelumnya, camilan ini meski bentuknya tidak jauh beda dari jajanan lebaran penghuni stoples lainnya, namun tepung yang digunakan adalah tepung kelapa, dan selainya dibuat dari raspberry dan chia seed.
recipe here

4. Healthy Coconut Strawberry Banana Ice Cream

Meski judulnya es krim, namun camilan ini dairy-free alias tanpa susu, karena bahan pembuatnya adalah salah satunya santan yang dikombinasikan dengan buah-buahan seperti stroberi dan pisang.
recipe here


5. Healthy Gluten-free Banana Muffin

Salah satu resep muffin sehat yang saya temukan adalah muffin pisang ini yang menggunakan tepung almond dan oat. Pemanisnya menggunakan rasa manis alami dari pisang dan sirup maple. 
recipe here


6. Crispy Baked Sweet Potato Fries

Ubi rambat juga bisa dibuat sebagai camilan enak dan sehat salah satunya dalam resep ini dimana ubi rambat dibuat seperti kentang goreng crispy, dengan metode baking sehingga lebih sehat.
recipe here

7. Baked Cheesy Crispy Tofu

Satu lagi camilan krispi favorit semua orang yaitu tahu krispi. Kali ini lebih sehat karena kita membuatnya dengan cara dipanggang. Bahan-bahannya pun sederhana seperti tahu, tepung maizena, bawang putih, garam, gula dan minyak zaitun.
recipe here

8. Vegan Lemon Poppy Seed Donuts

Donat yang satu ini punya rasa lemon alami yang didapat dari air lemon dan parutan kulit lemon. Adonannya terbuat dari tepung serba guna, baking powder, baking soda, vanila, gula tebu organik dan minyak kelapa. 
recipe here

Kira-kira ada yang sudah menyiapkan snack atau cemilan khusus lebaran? Atau masih dalam proses pembuatan? Atau malah masih galau mau pilih camilan apa? Kedelapan resep di atas bisa dijadikan inspirasi cemilan lebaran yang berbeda dari biasanya dan tentu saja lebih sehat. Punya cemilan istimewa saat lebaran? Share di kolom komentar ya.




Title picture edited by lailiving, background photo by Calum Lewis

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan