Join lailiving Newsletter



Strategi Menggunakan THR dengan Bijak

May 19, 2019




Seringkali kita lupa diri kalau dapat uang lebih banyak dari biasanya. Kadang kita juga jadi bingung mau mengapakan uang tersebut saking senangnya. Nah, hal ini juga pastinya terjadi waktu menjelang hari raya. Yap, benar, sebagai mbak-mbak tukang ketik, salah satu kebahagiaan di bulan puasa saya adalah THR alias Tunjangan Hari Raya yang diberikan menjelang liburan hari raya. Namun, seperti yang sudah-sudah, saya merasa tidak bisa menabung uang THR yang saya dapat. Entah kemana uang tersebut saya pakai.

Berangkat dari situ, saya mulai menyusun strategi untuk tahun ini agar uang THR yang saya dapat bisa dengan mudah saya tracking dan saya tidak kelabakan dengan pengeluaran hari raya yang lebih banyak dari biasanya.

Selain itu, lagi-lagi iseng saya buat poll mengenai THR, yang hasilnya sebagai berikut. Hayo ngaku, siapa yang mau ngumpetin THR? Hihi



Nah, maka dari itu, saya mencoba merencanakan mau mengapakan THR yang nantinya akan saya terima, agar saya tahu persis kemana uang saya pergi, dan juga mungkin rencana saya ini bisa dijadikan salah satu inspirasi untuk mengapakan THR kalian tahun ini.

1. Mendaftar Pemberian

Saya rasa pengeluaran saya yang paling banyak selama hari raya adalah kegiatan bagi-bagi uang alias angpao. Maka dari itu, saya membuat daftar siapa saja yang mungkin menerima angpao beserta besar jumlahnya. Dari situ total uang yang harus saya keluarkan akan bisa ketahuan, dan bisa saya sisihkan sebagian dari THR yang saya dapatkan.

2. Membuat amplop sendiri

Hal ini sudah saya lakukan sejak 2 tahun ini. Saya lebih suka membuat amplop sendiri, selain lebih hemat juga lebih bebas berekspresi. Misalnya saya bisa memberi motif yang beda-beda untuk tiap orang, dan desain amplopnya sesuai selera saya. Namun karena butuh waktu lebih banyak untuk membuat amplop (terutama jika yang diberi angpao cukup banyak) maka sebaiknya membuatnya jauh-jauh hari.  Mungkin nanti saya akan share pembuatan amplop angpao tahun ini sebagai inspirasi.

3. Belanja Jauh Jauh Hari

Saya tidak akan belanja saat mendekati hari raya, karena pastinya bakal mahal. Untuk bahan-bahan keperluan saya, akan saya beli jauh-jauh hari sehingga lebih menghemat pengeluaran di hari raya, karena THR belum turun sehingga saya jadi harus menggunakan uang saya yang ada sekarang. Jadi tidak khilaf, terutama di hari-hari ini banyak sekali promo belanja online yang menggoda.


4. Tabungan dan Investasi

Setidaknya saya akan mengalokasikan minimal 20% THR untuk masing-masing tabungan dan investasi, agar THR yang saya terima bisa ada sisa dan wujudnya. Selain itu, bisa digunakan untuk keperluan lain di kemudian hari.


5. Mendaftar Pengeluaran Hari Raya

Pengeluaran hari raya seperti transportasi mudik, berkunjung ke sana kemari, makan di luar, jajan, belanja random saat jalan-jalan dan lain sebagainya bisa kita daftar terlebih dahulu, sehingga kita mengetahui seberapa banyak dana maksimal yang bisa kita gunakan dari THR yang kita dapat untuk pengeluaran hari raya nanti. Jika sudah mencapai batal maksimal pengeluaran, maka mau tidak mau kita tidak boleh berbelanja lebih dari itu.

6. Sisihkan untuk Hal Tak Terduga

Hal tak terduga seperti membeli obat atau pergi ke dokter saat hari raya juga harus diperhitungkan, kita sih maunya sehat dan makan makan terus, namun tidak ada salahnya kita menyiapkan dana untuk hal-hal tak terduga seperti ini. Namun, jangan sampai saat khilaf belanja, kita jadi menggunakan dana ini untuk belanja juga ya.

Untuk yang memiliki hutang, sebaiknya kita menggunakan THR yang kita dapat untuk membayar kewajiban hutang. Selain agar cepat lunas juga, kapan lagi kita dapat uang lebih banyak dari biasanya.

Nah, itu tadi beberapa rencana atau strategi saya untuk memanfaat THR saya tahun ini. Bagaimana dengan kalian? Ada ide lain untuk memanfaatkan THR? Share di kolom komentar ya.



Title picture edited by lailiving
Background photo by : bady qb

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge, inspiration and beauty of life, focused on self-love and self-development. Brought to you by love.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan