Join lailiving Newsletter



[ Source of Happiness ] Mudik

May 23, 2019




Mudik menurut KBBI memiliki beberapa pengertian, salah satunya adalah pulang ke kampung halaman. Jadi, menurut pengertian ini, saya selama ini tidak pernah mudik, karena yang saya kunjungi adalah rumah para kerabat dari orang tua saya. Namun, tampaknya istilah mudik ini jadi tidak hanya untuk para perantau yang kembali ke kampung halaman, namun juga kegiatan rutin yang dilakukan siapapun yang melakukan perjalanan untuk mengunjungi sanak saudara selama liburan seperti lebaran, terutama untuk yang tempat tinggalnya berjauhan.

Terakhir kali saya mengunjungi rumah kerabat di daerah utara menggunakan transportasi umum seperti bus dan kereta api adalah waktu saya kelas 5 SD. Tahun-tahun setelahnya adalah nebeng mobil paman saya. Namun sekitar mungkin 3 tahun, kami sekeluarga sudah tidak bepergian jauh saat lebaran, seingat saya karena bertepatan dengan wisuda, pendaftaran murid baru, serta test beasiswa yang datangnya beruntutan bagi adik-adik saya. Meskipun begitu, saya masih ingat hal-hal yang menyenangkan di saat mudik maupun berkunjung ke rumah kerabat di kota lain, yang bahkan ada yang hanya bisa saya lakukan di sana.

Kereta Api

Tahun ini, kami berencana naik kereta api. Karena rumah terdekat kerabat kami ada di Pasuruan yang bisa ditempuh dengan kereta api. Selain itu, naik kereta api ekonomi sekarang lebih nyaman daripada jaman saya SD dimana penjual bisa berdagang bebas di dalam kereta yang kadang memaksa penumpang membeli dagangannya. Bau yang ada di dalam kereta pun jadi bermacam-macam. Sedangkan jaman sekarang, kursinya bagus, makanan dan cemilan bisa pesan sesuai kebutuhan, petugasnya juga ada yang receh, ditambah bonus pengharum ruangan dan AC.

Perjalanan

Sebenarnya yang saya suka dari kegiatan bepergian apapun dan kapanpun meski bukan saat lebaran, adalah perjalanannya. Entah mungkin saya saja atau banyak juga orang lain yang merasa bahwa perjalanan adalah sesuatu yang menarik, dimana banyak hal baru yang bisa kita dapat, meski jalur yang kita gunakan selalu sama.

Kucing

Justru saat sudah sampai di tujuan, saya malah suka berada di depan kipas angin, tidak mau kemana-mana, karena kota-kota yang saya kunjungi selalu lebih panas dari Malang, kota tempat tinggal saya. Namun, satu hal yang sama yang selalu saya temui di rumah para kerabat yang kami kunjungi adalah kucing. Tiap rumah selalu punya paling tidak 1 ekor kucing peliharaan. Sehingga, gallery handphone saya tiap setelah libur Hari Raya bukan berisi foto saya, tapi foto-foto kucing dan makanan.

Makanan

Hal lain yang saya suka saat bepergian ke rumah kerabat adalah karena tujuan kami adalah Pasuruan dan Sidoarjo, maka pastinya lebih banyak makanan pedas yang bisa kami cicipi. Ditambah lagi, salah satu kakak ibu saya pandai membuat kue dan punya usaha kue rumahan, jadi saya selalu bisa mencicipi berbagai kue lezat buatan beliau.

Memetik Buah Sendiri

Ada hal yang tidak bisa saya lakukan di Malang, hanya bisa saya lakukan saat berada di rumah kerabat saya, yaitu memetik buah langsung dari pohonnya, rata-rata kerabat kami punya pekarangan di sekitar rumahnya yang isinya tanaman buah seperti jambu biji, pepaya, mangga dan pisang. Jadi, memetik sendiri buah yang akan dimakan atau dibuat rujak adalah salah satu proses yang menyenangkan karena tidak bisa saya lakukan di rumah saya, hihi.

Pasar Tradisional

Pasar di daerah Sidoarjo adalah pasar favorit saya meskipun jenis pasar tradisional, namun mungkin karena kondisi wilayah yang panas dan kering, jadi jarang ada becek-becek dan bau parah seperti yang saya temui di pasar tradisional di tempat saya. Tempat favorit saya adalah lapak penjual bahan jamu yang menjual berbagai rempah-rempah komplit dengan bau yang berbeda-beda. Saya suka mencium aroma tempat ini karena memang baunya percampuran bahan-bahan jamu yang menurut saya membuat bahagia.

Stasiun

Selain perjalanan, tampilan stasiun juga membuat saya tertarik. Saya sendiri kaget saat pertama kali menggunakan Stasiun Kota Baru, mirip seperti mall versi mini. Meski tidak sebesar Stasiun Bangil yang tampilannya luas dan membuat saya ingin berguling-guling di dalamnya, namun perubahan Stasiun Kota Baru dari masa kecil saya sangat drastis. Dimana dulu warna dominannya seperti grayscale dan terlihat sumpek, kini terlihat lebih rapi, bersih dan nyaman.

Persiapan Mudik

Persiapan adalah salah satu yang saya suka, dimana saya harus memutuskan baju-baju mana yang harus saya bawa, baju yang nyaman dipakai di kota dengan udara panas, dan juga benda-benda lain seperti obat-obatan, skincare, make-up dan lain-lain yang mungkin saya butuhkan. Sebelum mudik pun, saya pastikan sudah mencuci semua pakaian kotor dan merapikan segala sesuatu di rumah, sehingga nanti waktu pulang ke rumah saya tidak pusing melihat keadaan rumah yang berantakan.

Nah itu tadi beberapa hal yang membuat saya bersemangat saat mudik atau bepergian ke rumah kerabat. Meskipun rasanya tidak ada pelajaran penting dari blog post ini, dengan menuliskan hal-hal yang saya suka,  saya jadi merasa senang. Haha.

Punya hal-hal yang disukai saat mudik? Share di kolom komentar ya.



Title picture edited by lailiving, background photo by STIL

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan