Join lailiving Newsletter



[ Inspiration ] Memodifikasi Pakaian Lama untuk Lebaran

May 30, 2019




Sebenarnya saya adalah orang yang sangat jarang beli baju di hari biasa maupun di hari spesial seperti lebaran. Masalah terbesar saya adalah karena saya suka pakai beberapa baju yang sama untuk keseharian saya. Hingga membuat ibu saya sering mengomel seperti : Bajumu banyak, kenapa pakainya itu-itu aja, gak bosan?

Kalau sudah cinta, tidak akan bosan *ciyaa*

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, saya gampang kepanasan dan berkeringat. Sehingga hal ini pun berpengaruh terhadap pakaian yang saya pakai. Saya lebih suka memilih pakaian dari bahan yang menyerap keringat dan sejuk di kulit. Terkadang baju dengan kain yang cocok di saya seperti limited edition, sudah tidak dijual lagi atau sulit ditemukan meski pakai aplikasi belanja online. Beberapa baju meski bahannya sama, namun rasanya berbeda waktu dipakai, sulit dijelaskan, tapi hal ini juga yang membuat saya memakai pakaian yang itu-itu saja.

Meskipun saya lebih tidak peduli dengan bosan-tidaknya pakai baju yang sama, namun kadang ingin pakai baju yang berbeda di hari tertentu, seperti waktu lebaran atau di saat tertentu saya tiba-tiba ingin pakai baju yang berbeda, namun tidak mau membeli baju lagi karena baju-baju saya banyak yang belum saya pakai. Solusinya adalah dengan memakai baju-baju yang tidak pernah saya pakai tersebut, biar rasanya baru. Baru dipakai. Hihi.

Pakai Baju Masa Kecil

Waktu kuliah, saya sering pakai baju-baju gemas dari masa kecil saya untuk dijadikan atasan.  Saya punya beberapa baju terusan tak berlengan yang masih muat, sehingga saya pakai untuk atasan. Saya padukan dengan atasan lengan panjang dan celana. Dan jadilah baju baru yang berbeda yang sebenarnya hanyalah baju-baju lama saya.

Tukar Baju atau Modifikasi Sekalian

Selain itu, kalau punya anggota keluarga atau teman yang punya ukuran baju yang mirip dengan kita, kita bisa saling bertukar baju untuk sementara. Atau, jika baju favorit kita ternyata sudah robek, sudah usang dan ada yang bolong atau tidak komplit, maka kita bisa memperbaikinya atau sekalian memodifikasinya jadi baju yang baru. Sehingga kita dapat satu baju baru dalam bentuk yang berbeda. Tentu saja hal ini membutuhkan kreatifitas dan kemampuan menjahit juga.

Bagi yang tertarik untuk memakai baju modifikasi karya sendiri untuk lebaran, berikut ini beberapa inspirasi untuk memodifikasi pakaian lama agar terlihat berbeda dan lebih fresh saat dipakai :

1. Dress to top-bottom

Source here

2. Dress to skirt

Source here

Source here


3. Coat to overall dress

Source here

4. Kecilkan ukuran

Source here

5. Panjangkan baju

Source here

6. Sweater to cardigan

Source here
Source here

Source here

7. Dress to top

Source here

8. Shirt to jacket

Source here

9. Beri kancing

Source here

10. Dress to outer

Source here

11. A new dress

Source here

12. Skirt to outer


13. Shirt to skirt


14. Beri saku


Source here


Source here

15. Tambahkan pita

Source here

16. Tambahkan resleting


17. Tambahkan patch

Source here

18. Tambahkan kerah

Source here

Source here

19. Modifikasi kancing

Source here

Source here

20. Tambahkan lace


Source here


21. Jadikan ombre

Source here

22. Ganti warna


Source here

Source here


Beberapa baju saya sudah ada yang modifikasi menjadi bentuk yang lain, kebanyakan sih karena tugas drama waktu sekolah dan kuliah dulu. Setelah itu, saya sudah tidak pernah mengutak-atik baju saya lagi, karena saya sudah pasrah dengan baju-baju yang apa adanya dan itu-itu saja. Nah, apakah kalian punya ide atau cerita untuk memodifikasi pakaian yang sudah kita punya untuk jadi sesuatu yang baru? Silakan share di kolom komentar.



Title picture edited by lailiving, background photo by Micheile Henderson

You Might Also Like

0 comments

Please comment using Google Account or URL blog, so that I could visit your blog next time

About lailiving

lailiving is a place for sharing knowledge and inspiration to live beautifully inside and outside, focused on self-love and self-development.
For more inspiration and beautiful stuffs, do follow or hit subscribe for this blog.

Community

Blogger Perempuan